Modifikasi Perilaku Silvester
Kalpika Narantaka
119114035
/ Kelas D
B.F. Skinner (1904-1990) : “Sebuah aplikasi klinis
untuk mengubah perilaku-perilaku yang tidak diinginkan menjadi perilaku yang
lebih dapat diterima. Hal ini dilakukan dengan cara menguatkan perilaku yang
diinginkan dan tidak menguatkan perilaku yang tidak diinginkan.”
Albert Bandura (1925-) : “Sebuah pendekatan kognitif
sosial untuk mengubah atau memodifikasi perilaku-perilaku yang dianggap
masyarakat sebagai tak normal atau tidak diinginkan. Modifikasi perilaku
dilakukan dengan cara memberikan model untuk perilaku yang diinginkan.”
Wole (1973) : “modifikasi perilaku adalah penerapan
prinsip-prinsip belajar yang telah teruji secara eksperimental untuk mengubah
perilaku yang tidak adaptif, kebiasaan-kebiasaan yang tidak adaptif dilemahkan
dan dihilangkan, perilaku adaptif ditimbulkan dan dikukuhkan.”
Bootzin (1975-) : “Usaha untuk menerapkan
prinsip-prinsip proses belajar maupun prinsip-prinsip psikologis hasil
eksperimen pada perilaku manusia itu sendiri”
Osborn (1976-) : “Penggunaan secara sistematis teknik
kondisioning pada manusia untuk keberhasilan perubahan frekuensi perilaku
sosial tertentu.”
Eysenk dalam Soetarlinah Soekadji
(1983) : “modifikasi perilaku adalah usaha untuk mengubah perilaku dan emosi
manusia dengan cara yang menguntungkan berdasarkan hukum-hukum teori modern
proses belajar.”
Kerr dan Nelson (1989-) : “Behavior modification
techniques aim to manipulate the antecedents and consequences of behavior so that
the likelihood of appropriate behavior is increased and inappropriate behavior
is decreased.”
Martin dan Pear (2003-) : “Evaluasi terhadap perilaku
apakah sudah berubah meningkat atau berkurang. Evaluasi ini meliputi
identifikasi perilaku target, identifikasi penyebab munculnya perilaku, dan
menentukan metode intervensi.”
Edward Sarafino (2012-) : “As the field of study that
focuses on using principles of learning and cognition to understand and change
people behavior.”
Kesimpulan umum dari teori modifikasi perilaku :
Sebuah teknik atau pendekatan yang menggunakan prinsip belajar dan kognisi
untuk menguatkan perilaku yang diharapkan dan menurunkan perilaku yang tidak
diharapkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar